Kebakaran Kanada, Bencana Kebakaran Hutan Terburuk

By | 10/05/2016

kebakaran kanada

Masih belum lepas dari ingatan betapa buruknya impak dari kejadian bencana kebakaran hutan di Indonesia sejak pertengahan tahun sampai akhir 2015, tahun lalu. Kondisi kala itu bisa dibilang menjadi bencana kebakaran hutan terburuk yang menerjang Indonesia. Kualitas udara anjlok total sampai ratusan kali lipat di bawah batas aman yang ditetapkan WHO. Kabut asap pun menyebar pekat menutupi banyak Kota di Indonesia sampai berbulan-bulan lamanya. Bahkan hutan di seluruh Kota Palangkaraya yang terbakar hebat sampai membuat kota itu berubah warga jadi kuning pekat!

Namun tahukah Anda dalam beberapa hari terakhir sebuah bencana kebakaran hutan kategori dahsyat juga sedang terjadi di Provinsi Alberta, Kanada? Kebakaran Kanada ini bahkan dianggap bencana kebakaran hutan terburuk di seluruh dunia selama satu dekade terakhir.

Bayangkan saja, kebakaran Kanada di Provinsi Alberta ini sudah melahap lahan hutan sampai lebih dari 1.500 persegi! Luasan hutan yang terbakar hebat ini jika dibandingkan ukurannya sudah menyamai besaran Kota London! Sampai dengan tulisan ini diturunkan, kebakaran di Kanada di belum bisa dikendalikan mengingat besaran api dan luasnya area yang terbakar. Dikhawatirkan api akan terus merembet dan membesar lebih parah lagi menerjang hutan yang berada di provinsi tetangga.

Satu penyebab yang memicu kebakaran Kanada ini merembet dan membesar begitu cepat adalah kecepatan angin yang mencapai 40 kilometer per jam. Seperti yang diungkap oleh Gubernur Alberta, Rachel Notle, mengutip dari BBC.

Masih belum terbayang seberapa besar kerusakan dan impak dari bencana kebakaran hutan terburuk ini? BBC mengatakan, kebakaran Kanada ini sudah membuat tak kurang dari 80.000 orang telah dievakuasi dari Kota Fort McMurray. Evakuasi puluhan ribu warga dilakukan lewat jalur udara dan darat menuju ke Ibukota Provinsi, Edmonton. Ribuan mobil diperkirakan masih terjebak di kemacetan jalan utama dari Kota Fort McMurrray  menuju Edmonton. Kemacetan super parah ini disebabkan karena melubernya jumlah pengungsi dalam satu waktu yang menggunakan jalur darat.

Kondisi darurat kebakaran Kanada ini sudah ditetapkan sejak beberapa hari lalu. Perintah utama adalah melakukan evakuasi warga untuk meninggalkan kota secepat mungkin. Sebab kebakaran hutan kemungkinan tetap tak akan bisa dikendalikan sampai dengan beberapa minggu ke depan.

Sejauh ini, sudah ada laporan yang menyebut ada 1.600 rumah warga yang sudah hancur, terbakar karena api yang menyambar dari kebakaran hutan.

Untuk diketahui, kota Fort McMurray terletak di kawasan penghasil minyak di Kanada. Daerah ini bahkan disebut sebagai kota yang memiliki cadangan minyak terbesar ketiga di dunia setelah negara-negara Teluk.

Akibat dari kebakaran parah ini, seperempat produksi minyak Kanada dihentikan sementara, imbas dari berhentinya produksi minyak ini, sudah membuat kecemasan besar dikhawatirkan bisa berpengaruh buruk terhadap ekonomi Kanada. (cal)

Img: scoopnest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *