Jelang 10 Hari Ramadhan, Begini Tips tetap Bugar Berpuasa

By | 25/06/2016

tips-sehat-berpuasa

Hari-hari Puasa sudah melewati pertengahan Ramadhan, bahkan sebentar lagi tinggal menjelang 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Artinya tubuh sudah menjalankan rutinitas gaya hidup berpuasa selama lebih dari sebulan, biasanya di masa pertengahan Ramadhan inilah tubuh mulai terbiasa dengan kebiasaan tidak makan dan minum selama durasi nyaris 13 jam. Namun walau tubuh sudah terbiasa, ada kalanya tubuh pun bisa memberikan respons sebaliknya, pertengahan puasa justru membikin tubuh makin lemas. Nah, bagaimana cara agar tubuh tetap bugar dalam menjalankan puasa di 10 hari terakhir Ramadhan?

Pada dasarnya, kunci agar puasa tetap menyehatkan dan menjadi moment terbaik bagi tubuh untuk membersihkan diri bukan hanya tentang menahan lapar dan haus selama belasan jam tanpa makna. Kuncinya ada di bagaimana kita mengatur asupan gizi terbaik selama menjalankan puasa. Asupan harus dijaga bernutrisi tinggi ditambah pula dengan konsumsi cukup air putih atau air mineral per hari di waktu sahur dan berbuka puasa.

Satu hal yang terkadang menjadi pemicu puasa malah tidak menyehatkan adalah asupan gizi yang berantakan. Misalnya seperti yang dikatakan oleh Ahli Gizi Emilia Achmadi mengutip dari CNN Indonesia. Menurut Emilia, banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan waktu berbuka puasa sebagai momen untuk balas dendam. Makan apa saja dengan porsi yang melimpah karena sudah menahan lapar dan haus sejak siang hari. Inilah yang malah memicu puasa menjadi bumerang bagi tubuh.

Padahal selama menjalankan Ramadhan sampai jelang hari ke 20 ini, tubuh sudah membiasakan diri mengistirahatkan organ pencernaan dan mengontrol lambung dari pola gaya hidup yang tidak sehat. Karena memang tujuan awal berpuasa adalah mengembalikan seluruhnya kondisi tubuh menjadi lebih baik dengan mengistirahatkan organ cerna selama belasan jam di siang hari.

Pada ahli gizi sepakat bahwa puasa adalah kesempatan terbaik untuk me-restart segala organ dalam tubuh. Puasa Ramadhan itu menyehatkan. Apalagi selama sampai dengan pertengahan Ramadhan ini, berarti sudah nyaris 20 hari tubuh ini melakukan pembersihan racun dan mengistirahatkan segala prosesnya selama siang hari.

Tips paling mudah untuk menyiapkan fisik terbaik selama menghitung hari-hari akhir Ramadhan adalah dengan membiasakan konsumsi susu. Susu menjadi bagian dari pola hidup yang sehat selama menjalankan bulan Ramadhan. Satu gelas susu di waktu sahur akan memberikan asupan protein terbaik untuk menyiapkan tenaga selama beraktivitas seharian penuh. Kemudian, jelang berbuka puasa, satu gelas susu cokelat hangat pun bisa menjadi salah satu pilihan berbuka puasa yang ideal.

Ramadhan tinggal 10 hari terakhir, ayo tingkatkan kebaikan hidup dan jangan lupa atur pola makan terbaik demi menyambut hari kemenangan. (cal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *