Januari 2017, Gunung Sinabung Kembali Erupsi

By | 19/01/2017

Gunung Sinabung merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Tercatat gunung Sinabung tidak pernah meletus sampai tahun 1600, namun pada 2010 gunung ini mendadak aktif kembali dan meletus pada September 2013. Sejak 2010, Sinabung telah meletus ratusan kali dan menimbulkan korban jiwa. Bahkan, Januari 2017, awal tahun ini, Sinabung kembali mengeluarkan asap putih, walaupun tidak mengeluarkan hujan abu vulkanik, namun fenomena erupsi ini cukup mengkhawatirkan warga sekitar.

Erupsi adalah fenomena yang terjadi apabila gunung aktif melakukan pergerakan atau aktivitas magma dari dalam bumi menuju permukaan bumi. Pekan kedua Januari , aktivitas Gunung Sinabung mulai kembali aktif akibat gempa tektonik yang terjadi. Dalam hitungan jam, tercatat telah tiga kali gunung Sinabung mengalami erupsi.

Sekalipun tidak menimbulkan korban jiwa, Gunung Sinabung masih menyisakan duka bagi para pengungsi. Ribuan warga diberitakan telah direlokasi dari desanya yang berada dalam kawasan zona merah. Nyatanya masih ada belasan desa lainnya belum terjamah relokasi dan masih hidup dalam tenda pengungsian. Jumlah pengungsi erupsi Sinabung hingga hari ini mencapai sembilan ribu tiga ratus tujuh belas jiwa dari 2.592 KK. Dari jumlah tersebut, 777 jiwa termasuk bayi, dan 193 balita.

Kewaspadaan bagi warga sekitar untuk berlindung dari bahaya Sinabung harus tetap digalakan. Bisa jadi sewaktu-waktu erupsi yang lebih parah dapat terjadi. Hingga saat ini, warga yang tinggal di sekitar sungai diharapkan dapat segera mengungsi untuk mengantisipasi datangnya lahar dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *