Jangan Remehkan Kebaikan Kecil di Bulan Ramadhan

By | 15/06/2015

Kebaikan Kecil di Bulan Ramadhan

Kurang dari 3 hari ke depan bulan suci ramadhan akan tiba. Ramadhan adalah bulan baik, tempat segala kebaikan diobral ganjarannya. Ramadhan menjadi momen untuk menambah tabungan kebaikan sebanyak mungkin yang bisa dilakukan. Kesempatan berbuat baik di bulan ramadhan pun terbuka luas, karena logikanya kebaikan di bulan ramadhan dilakukan kala hati dan pikiran sedang berpuasa, sedang dalam kontrol yang maksimal dalam diri.

Rasulullah SAW telah banyak mencontohkan bermacam bentuk kebaikan yang dapat dimaksimalkan selama ramadhan berlangsung. Kebaikan kecil namun bernilai luar biasa yang sering dicontohkan Rasul di antaranya adalah memperbanyak sedekah walaupun sedikit, berbuat baik dengan sesama orang terdekat, membaca Al-Quran, salat tepat waktu, perbanyak dzikir, dan menyempatkan untuk iā€™tikaf.

Tiap detik di bulan ramadhan nanti adalah detik yang berharga. Jika dicermati, sesungguhnya kesempatan untuk berbuat baik itu dapat datang bahkan di tiap detik perputaran jam. Jika ada kesempatan berbuat baik, maka segeralah lakukan.

Jangan pernah meremahkan hal-hal kebaikan sepele selama ramadhan, walau hanya sebatas sedekah seribu rupah, atau hanya memberikan senyuman manis kepada orang tua sebelum beraktivitas, ataupun sebatas senyuman sapaan kecil kepada teman, hal sepele semacam itu akan bernilai luar biasa di bulan puasa kelak.

Pahala besar terhampar luas bagi orang-orang yang mau berusaha untuk melakukan kebaikan. Walau hanya dengan membaca selembar al-quran, menyambangi saudara dekat untuk bersilaturahmi, memberikan sebutir kurma bagi orang yang sedang berbuka puasa, menyempatkan salat sunnah dua rakaat menjelang santap sahur, hingga kesempatan kecil untuk membantu seorang nenek paruh baya untuk menyebrang. Deretan kebaikan kecil tersebut adalah kesempatan emas untuk menanam pahala di ladang ramadhan.

Ingatlah janji Allah untuk selalu melipatgandakan segala macam kebaikan di bulan ramadhan. Amalan sedekah adalah satu dari sekian banyak kebaikan kecil yang memiliki nilai tinggi di mata Allah. Semangat untuk bersedakah ada baiknya dilatih sejak sebelum ramadhan tiba. Karena bersedekah di bulan ramadhan itu lebih berlipat pahalanya dibanding di bulan lain, sedekah orang yang berpuasa di bulan ramadhan itu setara ganjarannya dengan sedekah di jalan Allah (Fii Sabilillah).

Begitu juga dengan bacaan tasbih dan kalimat dzikir di bulan ramadhan. Beragam hadits Rasulullah telah menuntun umatnya untuk memperbanyak kebaikan kecil berupa ucapan tasbih selama ramadhan, mengingat pahala ucapan tasbih di kala ramadhan lebih afdhal daripada seribu kali bacaan tasbih di bulan lainnya.

satu rakaat salat pun di bulan ramadhan memiliki ganjaran yang luar biasa, setara dengan seribu rakaat salat di bulan lainnya.

Luar biasa bukan? Maka dari itu segera niatkan dalam hati beragam kebaikan kecil yang bernilai luar biasa di bulan ramadhan nanti. (CAL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *