Ini Manfaat Minuman Teh untuk Berbuka Puasa

By | 30/06/2015

teh-untuk-buka-puasa

Apa minuman pilihan Anda untuk berbuka puasa sore nanti? Beragam makanan dan minuman yang telah menjadi budaya hidangan berbuka Indonesia terkadang memang melenakan, berderet minuman manis seperti es buah, kolak, es kelapa, hingga susu menjadi pilihan yang terkadang membuat kontrol nafsu lepas seketika usai berbuka puasa.

Salah satu minuman sederhana nan murah meriah yang mudah didapat dan seringkali menjadi pilihan untuk berbuka ada teh manis. Terkadang disajikan hangat maupun dingin. Kehangatan dan rasa manis dalam satu cangkir teh bagi sebagian orang akan menenangkan dan menghilangkan sejenak rasa lapar setelah berpuasa selama 14 jam penuh.

Seperti yang dilansir dari laman Kompas, teh hangat sangat baik untuk dinikmati saat berbuka puasa ramadhan, karena mampu membantu mengembalikan energi yang lemah dan lesu akibat tak adanya minuman dan makanan yang masuk sama sekali ke lambung.

Sudah sejak ratusan tahun lalu, kandungan senyawa dalam teh dipercaya amat baik kesehatan. Polifenol yang kaya dalam secangkir teh merupakan sejenis antioksidan bioflavonoid yang mengandung 25 kali lebih efektif dari vitamin E dan 100 kali pada vitamin C.

Khasiat pertama teh yang bermanfaat jika dikonsumsi setelah berbuka puasa adalah kandungan essential oil yang terdapat dalam secangkirnya dapat memberikan manfaat untuk melarutkan lemak dan melancarkan pencernaan.

Selain itu, teh hijau yang mengandung polifenol katekin bermanfaat meningkatkan pengeluaran energi dalam tubuh karena bersifat menghangatkan tubuh (thermogenesis). Lemak dengan cepat teroksidasi dan sensivitas insulin membantu peningkatan metabolisme pada tubuh.

Selain itu, teh pun memiliki kandungan kafein yang sudah kita ketahui bersama dapat mengurangi rasa kantuk. Walaupun kafein dalam secangkir teh jauh lebih sedkit dibanding kopi, namun setidaknya kafein dalam teh mampu sedikit mengurangi rasa kantuk yang muncul sebelum melaksanakan ibadah malam seperti shalat tarawih, witir dan bertadarus al-quran.

Namun, sebaiknya teh yang dikonsumsi adalah teh tawar, karena manfaat yang sesungguhnya akan maksimal jika disajikan dalam kondisi tawar. Akan tetapi jika hidangan pembuka puasa lainnya tak ada yang memiliki rasa manis, tambahkan sedikit gula pasir rendah kalori ke dalam cangkir teh Anda sebagai sumber energi awal yang akan diubah lambung menjadi glukosa.

Tetapi, tetap harus diperhatikan bahwa posisi minuman teh sebagai sajian pembuka puasa tetap berada di bawah prioritas minum air putih. Saran utama untuk menghidrasi tubuh usai berbuka adalah dengan memaksimalkan konsumsi air putih. Tujuannya untuk membebaskan tubuh dari risiko dehidrasi.

(CAL)

One thought on “Ini Manfaat Minuman Teh untuk Berbuka Puasa

  1. aep

    ternyata baik y minum teh setelah berbuka, minumnya boleh pake es ga y xixii

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *