Humanity Card : Solusi Masalah Kemanusiaan

By | 05/01/2017

Gerai Sodaqo Mini Mart dan Aksi CepatTanggap akhir tahun kemarin (30/12) memunculkan suatu fenomena baru : humanity card. Humanity card adalah sebuah kartu yang ditujukan bagi penerima manfaat yaitu masyarakat kurang mampu. Dengan sistem top up kartu ini dapat diisi ulang sesuai dengan ketersediaan donasi serta kebutuhan penerima manfaat. Sistem top up juga memudahkan bagi kedua belah pihak (penerima dan pemberi donasi) karena tidak harus bertatap muka sehingga lebih efisien.

launching humanity cardHumanity card muncul ditengah keresahan masyarakat tentang sulitnya menyalurkan bantuan kepada yang ‘benar-benar’ membutuhkan, dengan humanity card, insya Allah donasi para donatur akan disampaikan tepat pada sasaran. Para pembeli di Gerai Sodaqo juga tidak perlu khawatir, hanya dengan berbelanja pada gerai-gerai yang tersedia, 30% dari keuntungan akan disedekahkan bagi anak-anak yatim piatu, kaum dhuafa, dan kaum cacat (disabilitas). Jumlah sedekah dari total pembelanjaan akan tercatat di struk belanja pembeli, hasil sedekah tersebut kemudian akan di masukkan ke dalam humanity card dari masing-masing penerima manfaat.

Dengan sistem komputerisasi yang ada, pemberi donasi juga dapat mengetahui apakah donasinya dipergunakan dengan baik oleh penerima donasi. Sistem tersebut memungkinkan pemberi donasi memantau hasil donasi mereka apakah dipergunakan sebagaimana mestinya atau tidak.

Alhamdulillah, peluncuran Humanity Card disambut baik oleh warga setempat dimana Humanity Card diluncurkan yaitu  Kampung Utan di Ciputat, Kampung Lele di Pamulang dan Kampung Mawi di Parung. Warga yang hadir pun terlihat antusias menanggapi hadirnya Humanity Card di tengah mereka.

Hadirnya Humanity Card diharapkan akan menjadi pengentas masalah kemanusiaan yang ada khususnya kemiskinan, dengan sistem yang relatif mudah, penerima manfaat dimudahkan dengan tidak perlu lama meng-antre seperti dalam penyaluran bantuan lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *