Hukum Qurban adalah Sunnah Muakkad untuk dilaksanakan

By | 24/06/2016

hukum-qurban

Hukum Qurban dalam Islam adalah ibadah sunnah muakkad (sunnah yang sangat ditekankan). Qurban adalah binatang ternak yang disembelih pada hari yang ditentukan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Berqurban merupakan salah satu syiar Islam yang disyariatkan Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah dan Ijma’ (kesepakatan hukum) kaum muslimin.

Bahkan pendapat yang lain menyatakan bahwa berqurban itu hukumnya wajib. Ini adalah pendapat madzhab Abu Hanifah dan salah satu dari dua riwayat dari Imam Ahmad. Namun hukum wajib sesuai rukun Islam yang harus dilaksanakan adalah 5 (Sahadat, Sholat, Puasa, Zakat dan Haji bagi yang mampu)

Hukum qurban berdasarkan Ayat Al Qur’an

“Maka shalatlah karena rabbmu dan sembelihlah qurban!” (QS. Al Kautsar: 2)

“Katakanlah (wahai Muhammad): Sesungguhnya shalatku, nusuk/ibadah qurbanku, hidup dan matiku hanya untuk Allah rabb semesta alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya, aku diperintahkan seperti itu dan aku adalah orang yang pertama kali berserah diri.” (QS. Al An’am: 162)

“Dan untuk setiap umat Kami tetapkan ibadah qurban, supaya mereka mengingat nama Allah terhadap rizki yang telah Allah karuniakan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka sesembahan kalian itu adalah sesembahan yang satu, maka hanya kepada Nyalah kalian berserah diri.” (QS. Al Hajj: 34)

Sedangkan anjuran berkurban dalam hadits Nabi Muhammad SAW

Barangsiapa menyembelih qurban setelah shalat ‘Ied maka ibadah qurbannya telah sempurna dan apa yang diperbuatnya itu telah sesuai dengan sunnah umat Islam.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim dari Anas bin Malik, beliau berkata: “Nabi SAW berqurban dengan dua ekor kambing kibasy yang berpenampilan sempurna. Beliau sembelih sendiri dengan tangannya. Beliau membaca bismillah, bertakbir dan meletakkan salah satu kaki beliau pada lambung kambing tersebut.”

Dari Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhuma, beliau berkata: “Nabi tinggal di Madinah selama sepuluh tahun dan selalu berqurban.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi, beliau menyebutnya hadits hasan)

Berdasarkan ayat Al Qur’an dan hadits Nabi bahwa qurban adalah ibadah yang setara dengan sholat, baik jika dilakukan tepat pada waktu yang di tentukan. Pelaksanaan qurban dilakukan setalah sholat Iedul Adha dan hari tasyriq. Artinya moment nya adalah setahun sekali.

Selain sebagai ibadah sunnah muakkad, inilah keutamaan qurban bagi umat Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *