Erupsi Gunung Berapi Gamalama di Ternate

By | 05/08/2016

gunung-berapi-gamalama

Indonesia memang terkenal dengan gunung berapi aktif yang rawan erupsi dan meletus kapan saja. Dikutip dari web BNPB pada hari Rabu (3/8/2016) terjadi erupsi gunung berapi Gamalama yang berada di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara. Dari hasil pengamatan melaporkan bahwa Gunung Gamalama meletus eskplosif di 2016 bulan Agustus ini lemah berupa abu vulkanik dengan tinggi 500-600 meter ke arah Tenggara, karenanya Bandara Babullah Ternate harus ditutup sementara.

Berdasarkan sejarahnya memang Gamalama sudah lebih dari 60 kali meletus sejak letusannya pertama kali tercatat pada tahun 1538. Erupsi yang menimbulkan korban jiwa setidaknya sudah empat kali terjadi, dengan korban terbanyak jatuh pada tahun 1775. Kala itu, erupsi Gunung Gamalama melenyapkan Desa Soela Takomi bersama 141 penduduknya. Kemudian pada 1 abad terkhir masih terus aktif dengan skala erupsi kecil.

Dikutip deri halaman berita Republika, berdasarkan informasi dari Pos Pengamatan Gunung Gamalama PVMBG, Kamis, pengamatan visual pada pukul 06.50 WIT, embusan abu keluar dari kawah puncak bagian timur menuruni lereng Timur. Dari pengukuran seismik tidak terekam adanya gempa-gempa vulkanik yang menunjukkan bahwa embusan abu ini merupakan pelepasan tekanan dari energi sisa erupsi sehari sebelumnya.

Erupsi Gunung Gamalama, menurut Sutopo, menyebabkan hujan abu di beberapa kelurahan di Kota Ternate, seperti Kelurahan Salero, Soa Sio, Sangaji, Dufa-Dufa, dan beberapa kelurahan di Kecamatan Ternate Tengah.

Status gunung berapi Gamalama saat ini adalah waspada telah ditetapkan sejak Maret tahun 2015. Dengan terjadinya erupsi ini, pihak BNPB terus memantau statusnya supaya bisa cepat melakukan mitigasi kepada masyarakat yang kemungkinan terdamapak. Untuk saat ini masih cukup aman, masyarakat belum harus mengungsi dan wisatawan dihimbau untuk tidak mendekati gunung hingga radius 1,5 Km.

Jika diperkirakan eruspi Gunung Gamalama masih terus berlanjut, upaya yang paling prkatis untuk penanggulangan masyarakat adalah pengadaan masker pelindung agar tak terhirup debu vulkanik. (aly)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *