Desa Tanpa Listrik Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur

By | 23/09/2016

desa-tanpa-listrik

Siapa sangka masih ada di berbagai wilayah Indonesia belum ada listrik hingga tahun 2016 ini. Salah satunya adalah Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di salah satu Desa tanpa listrik yang disapa oleh tim Global Qurban pada Idul Adha 1437 H atau 2016 Masehi.

Listrik sudah menjadi sumber energi kehidupan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, sepertinya orang-orang yang biasa mendapatkan listrik tak akan tenang saat listrik padam 1 jam saja. Sudah 71 tahun merdeka seharusnya listrik sudah menerangi semua wilayah di Indonesia, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Kondisi desa tak berlistrik di kecamatan Elar masih merasakan gelap gulita sepanjang malam. Selama ini Hanya cahaya lampu minyak yang mencipta temaram. Disanalah kisah perjuangan mengantarkan qurban amanah pekurban didistribusikan.

Tim Global Qurban menyelesaikan distribusi kurban untuk lima titik di Desa tanpa listrik Kecamatan Elar. Titik distribusi kurban pertama di Desa Golongawan, Kecamatan Sambirampas, kemudian Desa Compang Teo, Kecamatan Elar, berlanjut ke Kelurahan Tiwu Kondo, Kecamatan Elar, menyusul Desa Biting, Kecamatan Elar, sampai di titik terjauh di Desa Golo Lebo, Kecamatan Elar.

qurban-di-desa-tanpa-listrik

Disnalah satu fakta bahwa masyarakat kecil yang hanya bisa bertahan dan mensyukuri setiah hidup yang mereka terima. Meskipun rasa-rasanya sulit dibayangkan, bagaimana bisa jaman teknologi yang sudah maju, alat komunikasi berbasis telepon seluler, namun di Elar listrik pun belum terjamah. Kondisi ini dirasakan langsung oleh tim Global Qurban Aksi Cepat Tanggap, kenyataan masih banyak pelosok negeri yang minim perhatian sehingga perekonomian masyarakat sulit berkembang.

“Beberapa lampu yang menyala hanya disuplai oleh pembangkit listrik tenaga aliran air sungai yang dibangun karena gotong royong masyarakat. Ada pula yang dibantu dengan dana dari gereja. Sebagian rumah lainnya pakai generator solar untuk hidupkan listrik,” tutur Ibrahim mengisahkan tanah kelahirannya.

Dikutip dari bisnis.com, Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan saat ini, masih ada 12.659 desa tanpa listrik, yang 2.519 di antaranya masih gelap pada malam hari. Desa-desa tertinggal ini sebagian besar di Indonesia bagian timur,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral di Jakarta, Minggu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *