Dampak Kekeringan Bagi Kehidupan Masyarakat

By | 16/07/2016

Dampak-Kekeringan

Ketika musim kemarau datang, dampak kekeringan kian terasa di wilayah yang kondisi sumber airnya sulit. Kemarau tanpa hujan lebih dari 3 bulan menjadi penyebab sumber-sumber air mengering, terlebih bagi daerah yang serapan air tanahnya rendah. Berbagai wilayah di Indonesia benar-benar nyata dimana kekeringan menjadikan kondisi warganya semakin menderita. Tidak hanya pemandangan kerja keras untuk mencari air yang ditempuh cukup sulit, tetapi juga dampak kekeringan terhadap kehidupan masa depan mereka antara lain

Kemarau panjang dan kekeringan menyebabkan terganggunya hidrologis lingkungan yang berakibat terjadinya kekurangan air pada musim kemarau. Kekeringan saat ini telah membawa dampak yang lebih parah dan ancaman bencana ekologis. Dampak kekeringan bisa kita periksa dari aspek ekologi, ekonomi dan sosial, medis, dan konflik dalam kehidupan masyarakat. Dampak tersebut akan saling berpengaruh dan berkaitan satu sama lainnya.

Secara ekologi, kekeringan telah berakibat pada kuantitas air di sumber-sumber air semakin berkurang seperti mata air, sungai, situ, embung-embung, waduk hingga berkurangnya ketersediaan air bawah tanah.

Kesehatan buruk akibat kurangnya air bersih sebagai sumber kehidupan utama rumah tangga. Sengatan panas karena kenaikan suhu udara, dehidrasi karena kekuarangan asupan oksigen dari air dan udara bersih merupakan ancaman yang serius. Bahkan, kelaparan dan kekurangan gizi pada wilayah-wilayah tertentu bisa terjadi karena karakter alam tanah yang semula memang kering.

Perekonomian menurun, kekurangan air untuk memenuhi kebutuhan pertanian sawah dan ladang berpangaruh pada menurunnya produksi hasil tani terjadinya puso dan gagal panen sehingga berpengaruh pada berkurangnya pendapatan para petani dan buruh tani. Bagi lahan-lahan pertanian di Jawa Barat, dampak kekeringan ini sudah di alami masyarakat dan kaum tani pedesaan.

Konflik sosial di masyarakat. Masyarakat akan melakukan tindakan-tindakann sendiri karena air merupakan kebutuhan dasar manusia. Di beberapa daerah yang terkadang disaksikan di berita adanya masyarakat yang haus air melakukan tindakan-tindakan untuk mendapatkan air.

Ketiga masalah utama akibat dampak kekeringan tersebut jika diperhatikan adalah musibah yang menimpa masyarakat secara pelan-pelan. Ketika tak ada upaya penanggulangan kekeringan di suatu daerah, tingkat kesejahteraan masyarakatnya semakin menurun. Hal ini karena inti dari perekonomian di suatu desa adalah produksi lahannya. Jika air saja sangat sulit ditemukan , kesejahteraan mereka yang berada di wilayah kekeringan sangat dikhawatirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *