Cukupi Kebutuhan Air Putih, Kunci Puasa Sehat di Bulan Ramadhan

By | 14/06/2016

kebutuhan air putih

Puasa sudah melewati pekan pertama Ramadhan tahun 1437H. Setelah satu pekan menjalani puasa, tentu tubuh sudah mulai merasakan kebiasaan yang mulai rutin, mulai dari santap sahur kemudian berpuasa selama hampir 13 jam dan akhirnya berbuka dengan makanan atau minuman manis ketika azan magrib berkumandang.

Selama itu pula tubuh beradaptasi dengan kebiasaan baru sepanjang bulan Ramadhan ini. Pada awalnya mungkin memang terasa berat, namun hanya butuh satu pekan bisa dipastikan kebanyakan tubuh yang sehat akan terbiasa dengan rutinitas puasa ini, bahkan malah makin menyehatkan dan membersihkan residu di dalam tubuh.

Namun, tahukah Kamu bahwa nyatanya puasa pun bisa menjadi bumerang bagi tubuh jika Kita salah dalam mengelola asupan makan yang tepat dan baik bagi tubuh sepanjang 13 jam berpuasa. Satu yang seringkali luput adalah mencukupi kebutuhan minum.

Sebab, nyatanya walau rasa lapar dan haus itu mendominasi selama Ramadhan, kebutuhan mencukupi air minum harian atau konsumsi air putih harian tetap harus menjadi prioritas. Jangan sampai Kita menyelesaikan santap sahur atau berbuka puasa dengan makanan manis namun luput mencukupi kebutuhan air putih harian. Karena apapun makanan berbuka yang dikonsumsi, tetap tak akan berakibat baik bagi tubuh jika cairan pengganti yang hilang selama berpuasa seharian tak segera diganti.

Apa saja kebaikan air putih bagi tubuh ketika menjalankan rutinitas ibadah puasa? Berikut manfaatnya:

  1. Air putih membersihkan sisa sampah di dalam perut.

Peran utama air putih di dalam tubuh adalah membantu membersihkan sampah sisa makanan di dalam perut. Jika kebutuhan air putih tercukupi, biasanya kita akan merasakan dorongan cukup besar untuk buang air besar tiap pagi bukan? Nah itu berarti pergerakan usus untuk mencerna makanan dan membersihkan sisa makanan berada dalam kondisi yang baik dan sangat teratur.

 

  1. Air putih membantu membuang racun yang mengendap di dalam tubuh

Tak bisa dipungkiri, percaya atau tidak jutaan macam makanan yang kita konsumsi tentu meninggalkan racun yang berbahaya bagi tubuh. Racun yang biasa terkandung dalam bahan perasa atau bahan pewarna ini akan mengendap terus menerus. Nah air putih yang tercukupi akan membantu tubuh membersihkan racun. Ketika banyak minum dan kemudian buang air kecil, itu berarti tubuh sedang melakukan detoksifikasi racun secara alami.

 

  1. Air putih mempercepat tubuh memproses metabolisme

Air hangat yang tercukupi setiap hari akan membantu tubuh mempercepat proses mengolah metabolisme. Jika air putih tercukupi, berarti tubuh akan mencerna makanan lebih cepat dan tenaga yang diperoleh akan bisa lebih cepat dimanfaatkan oleh tubuh. (cal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *