Begini Cara Mudah Memahami Gejala Demam Berdarah

By | 05/02/2016

NYT2008102207541667C

Hujan semakin deras turun membasahi hampir seluruh wilayah Indonesia. Tak hanya berpotensi banjir, musim hujan yang semakin deras pun meningkatkan peluang risiko demam berdarah. Bukan sekadar omong kosong belaka, bukti nyata tentang virus demam berdarah yang merebak dan menyebabkan kematian pasien telah terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Melihat kondisi merebaknya virus demam berdarah yang semakin meluas ke bebagai daerah, Kementerian Kesehatan memberikan imbauan yang sifatnya penting bagi masyarakat. Kemenkes meminta masyarakat untuk memahami dengan baik gejala-gejala demam berdarah. Tanda-tanda awal seseorang terkena demam berdarah itu khas dan dapat dipahami dengan mudah. Memahami gejala demam berdarah akan semakin mempercepat proses si pasien demam berdarah mendapatkan penanganan medis yang tepat. Sebab demam berdarah itu memiliki beberapa fase kritis. Jika terlambat penanganannya, kematian adalah risiko fatal yang harus diterima.

Selama ini, berbagai kasus kematian akibat demam berdarah disebabkan karena minimnya pengetahuan masyarakat tentang gejala demam berdarah. Akibatnya pasien terlambat dibawa ke rumah sakit.

Untuk itu, berikut adalah cara memudah untuk memahami gejala demam berdarah:

1. Sama dengan gejala infeksi virus lain, gejala demam berdarah pun diawali dengan demam tinggi
Gejala demam berdarah yang paling mudah dipahami adalah demam tinggi yang terjadi secara mendadak selama rentang waktu 2 sampai dengan 7 hari. Namun yang paling khas dari demam berdarah adalah bentuk kejadian demamnya yang seperti pelana kuda. Biasanya panas demam akan turun drastis pada hari ke-3 atau hari ke-4. Namun jangan salah, justru di saat demam turun ini fase kritis yang sebenarnya sedang terjadi. Biasanya setelah itu demam akan naik lagi panasnya dan masuk ke fase kritis apabila terlambat dibawa ke rumah sakit.

2. Muncul ruam pada kulit

3. Bintik merah kehitaman pada kulit. Jika kulit diregangkan warna akan tetap terlihat.
Hal inilah yang jadi beda antara bintik kulit pada penderita demam berdarah dengan bintik merah karena digigit nyamuk biasa yang tidak terlihat jika kulit diregangkan

4. Pasien demam berdarah biasanya akan muntah darah

5. Lalu ditambah pula dengan BAB berdarah

6. Bila penderita demam berdarah sudah terlambat untuk diobati akan ditambah pula dengan gelisah berkepanjangan, tangan dan kaki berkeringat dingin

7. Tombosit anjlok sampai dengan 100.000 per mm

Jika Anda atau anak Anda atau saudara Anda mengalami gejala tersebut, bisa dipastikan sedang mengalami gejala demam berdarah. Pastikan segera bawa ke dokter sebelum terlambat penanganannya. Berikan minum air putih sebanyak mungkin pada penderita. Lakukan kompres untuk menurunkan demam tingginya. (cal)

Img: nytimes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *