Berikut Kronologi Kejadian di Balik Bencana Tsunami Aceh 11 Tahun Lalu

By | 27/12/2015

Kronologi Tsunami Aceh

Tanggal 26 Desember 2004 silam, bencana tsunami Aceh hingga detik ini tak akan pernah bisa dilupakan oleh ratusan juta publik Asia Tenggara, terlebih jutaan masyarakat Aceh. 11 tahun silam, sebuah bencana dahsyat yang disebut-sebut sebagai bencana alam paling mematikan sepanjang sejarah modern kebencanaan Indonesia.

Kala itu, 26 Desember 2004, guncangan gempa terlama sepanjang sejarah bergetar bergitu hebat dengan titik gempa di sekitar barat daya Provinsi Aceh. Tak disangka sangka, gempa di minggu pagi pukul 07.58 WIB itu menjadi awal dari bencana dahsyat tsunami. Gelombang tsunami menggulung dahsyat, meluluhlantakkan kota-kota di Aceh, terutama yang berada di pesisir pantai.

Berikut adalah segelintir catatan tentang proses terjadinya tsunami Aceh 11 tahun silam.

26 Desember 2004

Minggu pagi, sehari pasca liburan Natal dan menjelang perayaan tahun baru. Rutinitas pagi hari di Aceh berlangsung seperti biasa. Lambat dan sunyi tenang selayaknya aktivitas kota di hari libur. Namun ketika jarum jam menunjukkan waktu 07.58 WIB, tanpa prediksi apapun, tanpa ada peringatan atau alarm tanda bencana yang berbunyi, sebuah gempa sangat dahsyat berkekutaan 9,3 SR mengguncangkan tanah Nangroe Aceh Darussalam. Kekuatan gempa begitu dahsyat dan durasi yang sangat lama. Setelah hampir 10 menit bumi bergetar hebat karena gempa dangkal di dasar laut, tsunami datang menggulung pesisir Aceh, ketinggian tsunami Aceh diperkirakan mencapai 30 meter!

27 Desember 2004

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merilis pernyataan pilu bahwa bencana tsunami Aceh sebagai bencana kemanusiaan terbesar yang pernah terjadi dalam sejaran bencana modern. Bantuan kemanusiaan dari lembaga internasional pun mulai bergerak menuju kawasan bencana. Kawasan terparah yang dilanda tsunami adalah Aceh Indonesia, Khao Lak di Thailand dan sebagian Sri Lanka dan India.

30 Desember 2004

Sekretaris Jenderal PBB yang menjabat saat itu, Khofi Annan menyatakan bahwa korban bencana tsunami diperkirakan akan mencapai lebih dari 115.000 jiwa korban tewas.

31 Desember 2004

Lewat perhitungan sementara jumlah koran tewas yang berserakan ditiap sudut Kota Aceh, Indonesia ditetapkan sebagai wilayah yang mengalami dampak terparah dan bencana tsunami. Korban tewas di Indonesia diperkirakan mencapai lebih 100.000 orang! Sebuah perkiraan yang begitu kelam dan membuat kaget ratusan juta masyarakat Indonesia.

1 Januari 2005

Kerusakan akibat bencana tsunami yang menghantam Aceh makin diketahui oleh publik dunia. Gambar-gambar tentang ribuan mayat yang masih bergelimpangan di tengah jalan menyayat hati milyaran publik dunia. Tahun baru 2005 dirayakan dengan kepedihan dan kekalutan. Indonesia berduka sangat dalam. Hingga akhirnya di tahun baru 2005 ini, Kapal induk Amerika Serikat “USS Abraham Lincoln” tiba di perairan Sumatra untuk membantu evakuasi korban dan penyaluran bahan bantuan.

4 Januari 2005

Lewat hitungan sementara PBB, perkiraan jumlah korban tewas akibat bencana tsunami Aceh semakin bertambah menyedihkan. Di tanggal 4 Januari 2005 ini PBB merevisi perkiraan jumlah korban tewas akibat tsunami Aceh dari perkiraan semula, menurut sedikitnya 200.000 orang tewas. (cal)

Inilah Fakta Seputar Bencana Alam Tsunami 2004

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *