Begini Kronologi Ambruknya Jembatan BSD Dihantam Truk

By | 16/05/2016

jembatan bsd roboh

Sebuah kejadian yang cukup mengejutkan warga Jakarta terjadi malam tadi, Minggu 15 Mei 2016. Ruas tol BSD menuju Jakarta yang menghubungkan Kota Tangerang Selatan dan Ibukota putus total tak bisa dilalui. Apa penyebabnya?

Ternyata salah satu jembatan penyeberangan orang yang melintas di atas tol BSD ambruk lalu hancur setelah ditabrak oleh sebuah truk besar yang memiliki ketinggian atas melebihi batas jalan tol BSD. Imbasnya, sejak semalam Pihak PT Jasa Marga langsung menutup ruas jalan tol BSD. Sampai dengan hari ini, Senin siang 16 Mei 2016 belum ada kabar pembukaan kembali jalur lintas tol utama yang menghubungkan Tangerang Selatan dan Jakarta ini.

Bagaimana kronologi ambruknya jembatan BSD ini?

Mengutip dari kesaksian petugas Jasa Marga, kejadian rubuhnya jembatan di tol BSD ini terjadi minggu malam sekitar pukul 22.10 WIB. Saat kebanyakan traffic ruas jalur tol BSD sudah lengang, ada sebuah truk besar yang mengangkut alat berat melintas dalam kecepatan sedang menuju arah BSD dari Jakarta. Sampai di kilometer 8, truk trailer besar itu tiba-tiba saja menghantam jembatan penyeberangan orang yang melintang di atas tol BSD.

Imbasnya, jembatan BSD dengan konstruksi beton itu pun langsung ambruk melintang menutupi seluruh jalur lintas tol BSD, terutama lintas tol BSD arah Jakarta yang jalurnya tertutupi semuanya oleh serpihan beton jembatan berukuran besar.  Malam tadi, kemacetan panjang pun tak bisa terhindarkan lagi. Sampai dengan hari ini, belum diketahui dari mana truk pengangkut alat berat itu berasal dan siapa yang bertanggung jawab atas kecelakaan ini.

Seperti yang diketahui, di lokasi tol mana pun ada ketinggian maksimal kendaraan yang harus dipatuhi. Ketinggian maksimal kendaraan di jalan tol ini menjadi patokan wajib yang harus dipatuhi. Sebab ada banyak jalan yang sengaja ditaruh melintang di atas jalan tol, bisa berupa jalan umum maupun jembatan penyeberangan orang.

Akibat dari kecelakaan robohnya jembatan BSD ini, para pengguna jalan tol dari dan menuju ke BSD diharapkan bisa menggunakan jalur alternatif. Pihak kepolisian ruas jalan tol BSD menghimbau pengguna jalan dari arah BSD menuju Jakarta sebaiknya mengambil jalur ke Alam Sutera atau Tangerang. Adapun warga Bintaro, bisa melewati Pondok Aren atau arteri.

Sedangkan pengguna tol dari Jakarta menuju BSD atau Serpong, disarankan menggunakan jalan non-tol saja. Seperti Ciputat atau Pamulang. (cal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *