Bantuan Indonesia untuk Suriah Sampai di Aleppo

By | 17/05/2016

bantuan act suriah aleppo

Setelah sebelumnya tim SOS Syria ACT yang akan mengantarkan bantuan pada pekan ketiga Mei 2016, hanya bisa sampai di gerbang perbatasan kota. Alhamdulillah bantuan telah sampai di Aleppo Suriah yang diantar oleh mitra dari Turki yang mengiringi 1 truk kontainer bahan pokok dan pangan dari Indonesia. Untuk memasuki Aleppo yang diblokade oleh pasukan rezim sangatlah tidak mudah, dan pihak dari negara asing tak diperbolehkan masuk.

Artikel sebelumnya: Bantuan Ke Suriah Amanah dari Indonesia

Abdulhamit, perwakilan dari mitra Turki yang bekerja sama dengan Tim SOS Suriah – ACT, mangatakan: bantuan akhirnya sampai di Aleppo setelah melewati banyak pos pemeriksaan ketat oleh rezim. Truk kontainer ini beberapa hari lalu melaju mantap melewati perbatasan Turki dan Suriah di sebelah selatan, langsung menuju Aleppo.

“Rakyat Suriah di Aleppo sedang sangat menanti dtangnya bantuan kemanusiaan yang bisa masuk ke kota itu. Kami akan prioritaskan bantuan ini di kawasan Aleppo yang paling membutuhkan,” kata Abdulhamit.

Satu kontainer besar ini berisi penuh dengan hampir seribu paket bahan pangan berbagai jenis, kemudian dilengkapi lagi 5 ribu paket makanan kaleng dan paket sarapan untuk 5 ribu orang. Makanan merupakan kebutuhan pokok utama warga Aleppo yang menjadi korban kebrutalam rudal-rudal pasukan. Mereka kehilangan rumah, keluarga, pekerjaan dan sumber makanan. Selanjutnya adalah kebutuhan lain yang mendesak yang sekiranya sangat dibutuhkan disana.

koran Turki ACT

Bantuan untuk Suriah dari amanah masyarakat Indonesia telah berhasil terdistribusi sampai di Aleppo, Tim SOS Suriah – ACT mendapat perhatian oleh media lokal di Turki. Dua kali distribusi bantuan bagi pengungsi Suriah ternyata sempat masuk jadi sorotan di koran lokal, dan media online Turki.

Sebuah judul utama di koran lokal Prtama Yenisafak menuliskan kalimat berbahasa Turki “Yardım eli uzandı” yang berarti “Uluran Tangan Bantuan”. Tulisan di media lokal Turki itu memuat cerita panjang tentang perjalanan distribusi bantuan dari Indonesia untuk pengungsi Suriah di Desa Bağlar Mahallesi dan juga di Aleppo.

Aksi Cepat Tanggap disebut oleh media lokal di Turki dengan sebutan “Endonezya merkezli (Indonesia based, -red) Care for Humanity”. ACT disebut bersama dengan mitra NGO di Turki mengulurkan tangan untuk meringankan bantuan pengungsi Suriah di kamp-kamp pengungsian dekat perbatasan Turki dan juga di Aleppo, Suriah. (aly)

sumber: act.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *