Bantuan Donasi Banjir dan Longsor Sumatera Barat

Banjir dan Longsor Sumbar

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, sepekan terkhir mengakibatkan banjir dan longsor Sumatera Barat terparah dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Berdasarkan data BNPB, saat ini terdapat 12 titik banjir dan longsor yang tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota.

Lebih lengkap, Pusat Data dan Informasi DMII (Disaster Management Institute of Indonesia) menyebutkan per tanggal 5 Maret 2017, lima orang meninggal dunia, ribuan orang mengungsi, lima dusun masih terisolir serta 250 rumah terendam banjir.

Hingga saat ini, menurut tim ACT-MRI yang telah turun ke daerah terdampak, kebutuhan logistik serta dapur umum sangat dibutuhkan bagi warga yang mengungsi. Berikut infografis banjir dan longsor Kabupaten Limapuluh Kota. Mohon doa dari Sahabat bagi relawan ACT yang saat ini masih berjibaku di tengah daerah terdampak bencana.

Banjir dan Longsor Sumatera Barat

 

Ada 72 Titik Longsor yang Tersebar dari Payakumbuh hingga Pangkalan

Pasca hujan deras yang melanda Kabupaten Limapuluh Kota-Sumbar sejak Jumat 3 Maret 2017 dinihari, setidaknya terdapat 72 titik longsoran yang tersebar di sepanjang jalur dari Payakumbuh hingga ke Pangkalan.

BerdaBanjir dan Longsor Sumatera Baratsarkan penelusuran KLIKPOSITIF Sabtu 4 Maret 2017 siang, titik longsor terbanyak tersebar di kawasan Koto Alam dan Mangilang. Material longsoran berupa tanah berlumpur, kayu dan bebatuan itu menutup setengah badan jalan.

Sebanyak 72 titik longsoran tersebut memiliki tinggi rata-rata 30 meter dan panjang sekitar 200 meter. Khusus di Koto Alam, selain menutup jalan, longsoran material bebukitan juga merusak aspal badan jalan. Tidak sedikit dijumpai permukaan jalan lintas penghubung Sumbar dan Riau tersebut tidak rata, dan retak. Kerusakan aspal jalan tersebut membuat akses lalu lintas sedikit tersendat.

Sementara itu di kawasan Mangilang, material longsoran tampak berada sangat dekat dengan pemukiman warga yang berada di pinggir tebing sisi badan jalan. Akibatnya, kendaraan yang melewati kawasan itu harus melintas bergantian.

Sejak hari pertama kejadian sampai saat ini, tim DERM-ACT dan MRI setempat terus melakukan proses evakuasi melalui jalan darat dan sungai. Mohon doa untuk keselamatan segenap tim dan relawan yang terlibat serta para korban yang terdampak.

Doakan keselamatan dan kesehatan saudara dan keluarga kita dari bencana SumBar.

Mari bantu ringankan penderitaan saudara sebangsa dengan donasi terbaik kita. Salurkan melalui nomor rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap dan bisa langsung datang membantu ke posko banjir SumBar.

Peduli Banjir Sumbar РRekening Bantuan Donasi Banjir Sumatera Barat

Syariah Mega Indonesia010 8800 1100 0354Korban Banjir SumBar
Mega010 8800 1100 0354Korban Banjir SumBar
BSM101 000 9990Korban Longsor SumBar
CIMB Niaga411 01 0028 9000
Korban Longsor SumBar

Donasi Banjir Sumatera Barat

#LetsACTIndonesia

#PeduliBanjirSumbar

#BersatuHadapiBencana

2 thoughts on “Bantuan Donasi Banjir dan Longsor Sumatera Barat

  1. Tika

    Act pekanbaru dimana ya basecampnya?
    Untuk sumbangan pakaian layak pakai bisakah?

    Reply
    1. Puti H

      Mohon maaf atas keterlambatan dalam respon, silahkan :
      Kantor Cabang Aksi Cepat Tanggap Pekanbaru
      Ruko Panam Raya Permai
      Jl. H.R Subrantas, No.84 C. Kel Delima, Kec. Tampan
      Kota Pekanbaru, Riau – 28294

      Telp. 0761-670 2240

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *