Banjir di Garut September 2016 Memakan 13 Korban Jiwa

By | 21/09/2016

banjir di garut

Banjir di Garut pada 20 September 2016 kemarin merupakan salah satu dampak cuaca La Nina yang terjadi di Indonesia hujan deras sering terjadi di periode bulan Agustus-September 2016. Beberapa wilayah sempat mengalami banjir karena intensitas curah hujan yang tinggi. Kabar terakhir banjir di Garut dan Sumedang hingga menewaskan 10 jiwa dan 3 masih hilang belum ditemukan.

Penyebab banjir di Garut dipicu hujan deras yang lama menyebabkan Sungai Cimanuk dan Sungai Cikamuri secara cepat meluap tanggul jebol mengakibatkan banjir bandang hingga ketinggian 1,5 – 2 meter. Berdasarkan data sementara dari BPBD Kabupaten Garut terdapat 8 orang tewas, 1 orang hilang, 4 orang luka berat, 26 orang luka ringan dan ratusan pengungsi.

Banjir terjadi dibeberapa titik jalan yakni di kawasan jalan sekitar Rumah Sakit dr Slamet, Kecamatan Tarogong Kidul, kemudian sejumlah titik jalan di kawasan kota.Selanjutnya banjir melanda pemukiman penduduk kompleks Perumahan Buana, Desa Singdalaya, Kecamatan Karangpawitan. Tokoh masyarakat kompleks Perumahan Buana, Hayat mengatakan banjir terjadi setelah hujan deras dan berlangsung lama mengguyur daerah Garut.

Mari peduli untuk berikan bantuan untuk musibah banjir di Garut

Banjir paling parah melanda wilayah Kecamatan Tarogong Kidul dan Kecamatan Bayongbong. Banjir mulai meninggi hingga 2 meter pada pukul 20.00 hingga 23.00 ini. Banjir juga sampai menggenangi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Slamet Garut.

Meskipun banjir sudah surut, kondisi sangat parah setalah air merendam perumahan warga. Di beberapa titik lokasi masih tergenang setinggi lutut sehingga masih dalam kondisi darurat dan sebagian harus mengungsi. Warga harus terlebih dulu membersihkan sisa-sisa rendaman banjir. Setidaknya masih butuh 2-3 hari untuk benar-benar bisa kembali ke rumah. Ini belum terhitung kerusakan peralatan rumah tangga akibat genangan air.

Tim Relawan DERM – Aksi Cepat Tanggap langsung menuju ke lokasi untuk membantu evakuasi dan cepat membantu para pengungsi. Selain evakuasi korban, T juga mendirikan posko darurat bencana untuk menyiapkan bantuan cepat kepada warga korban banjir.

Img: winnetnews

One thought on “Banjir di Garut September 2016 Memakan 13 Korban Jiwa

  1. Bachsin Bayu

    turut berduka cita dan prihatin. sepertinya kita sebagai manusia harus sadar dan mengambil hikmah dari musibah ini

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *