Banjir di Akhir Februari 2017, Jakarta Siaga Satu

By | 21/02/2017

 

 

Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta sejak dua hari terakhir (20/2). Sejumlah wilayah di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi tergenang genangan air, bahkan di daerah dengan tingkat keparahan banjir yang cukup parah, bahkan di beberapa ruas, tinggi banjir mencapai pinggang orang dewasa.

Berdasarkan informasi dari akun twitter resmi TMC Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro, genangan banjir terjadi di Jalan Jenderal Sudirman depan Universitas Atmajaya. Di lokasi tersebut, air menggenang hingga ketinggian 20 centimeter.

Bukan hanya ruas jalan-jalan utama di ibukota saja yang tergenang banjir. Fenomena banjir yang tak kunjung surut ternyata juga menghampiri sejumlah wilayah yang sebelumnya tidak pernah terdampak dan kini harus merasakan genangan air yang sangat mengganggu aktivitas. Genangan air yang menggenangi sedikitnya 54 titik di Jakarta dan sekitarnya ini menyebabkan sejumlah daerah lumpuh dan ruas-ruas jalan utama tidak bisa terlewati.

Banjir kali ini bukan hanya menerjang Bukit Duri dan Kampung Melayu yang biasa dikenal rawan banjir. Namun, juga menggenangi 54 kawasan strategis dari 5 kotamadya di Jakarta dengan ketinggian air 30-150 centimeter. Salah satu titik banjir terparah berada di sekitar Jln. Gunung Sahari Raya dan daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Ketinggian air pada titik tersebut dikabarkan bahkan mencapai 1,5 meter.

Situasi berlanjut dengan adanya laporan tinggi muka air pada seluruh sungai yang melintasi Jakarta mengalami kenaikan drastis. Pantauan muka air yang didata BNPB terakhir pada pukul 06.00 WIB tadi. Hasil pengamatan warga sekitar menunjukkan, tinggi muka air di Kali Karet 630 cm alias siaga 1. Tinggi muka air di Pulogadung adalah 700 cm alias siaga 2. Akhirnya ketakutan pun terbukti, debit air yang menyesakkan aliran sungai tak mampu ditampung, meluap, dan kemudian menenggelamkan kawasan di sepanjang sepadan sungai.

Jakarta siaga banjir, bagi Anda yang akan berpergian, kami sarankan untuk tetap berhati-hati ketika berkendara dan terus memantau pergerakan cuaca di daerah sekitar Anda, karena mungkin saja sewaktu-waktu hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi datang mengguyur tempat Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *