Bagaimana Hukum Qurban Online?

By | 13/07/2016

qurban-online

Qurban online dalam artian yang dimaksud adalah melakukan qurban dengan cara membeli hewan kemudian disembelih ditempat tersebut, kemudian daging sembelihannya disalurkan di daerah tertentu oleh panitia qurban. Kerena informasi dan transaksi dengan media online, seperti yang dilakukan beberapa lembaga qurban di Indonesia. Pertanyaannya bagaimana hukum qurban online yang seperti ini?

Menurut ulama, pelaksanaan qurban seperti ini dibolehkan, namun banyak kehilangan keutamaannya:

  • Tidak bisa memakan daging qurban sendiri
  • Tidak bisa menyembelih qurban atau menyaksikan
  • Tidak tahu kapan waktu penyembelihan

Anjuran berqurban oleh Allah SWT ibadah qurban adalah salah satu syiar Islam, seseorang harus memilih hewan terbaik dan menyembelih qurban di tempat terdekatnya kemudian memakan sebagian dagingnya lalu membagikan kepada orang-orang terdekat.

“Makanlah bagian hewan kurban tersebut dan sedekahkan kepada orang yang membutuhkan,” (QS. Al-Haj: 28)

Qurban online bisa lebih baik karena, ketika semarak pelaksanaan qurban yang tidak merata, dimana qurban banyak di daerah golongan orang-orang mampu. Sehingga mereka saat menerima daging qurban pun sudah seperti makanan biasa, tak ada perasaan lebih bahagia, bahkan terkadang karena menerima daging dari sana sini, hanya menumpuk di dalam kulkas. Sedangkan masih banyak di daerah desa miskin pelosok sana yang tak pernah makan daging.

Jika melihat QS AL Haj ayat 28, yang lebih utama adalah menyedekahkan kepada orang yang membutuhkan. Jika anda bisa melakukan ini sendiri, tentu sangat baik akan mendapat banyak keutamaan ibadah qurban. Dakwah kepada masyarakat sekitar anda dengan berbagi qurban.

“Dagingnya maupun darahnya tidak akan sampai kepada Allah, namun yang sampai kepada-Nya adalah takwa kalian.” (QS. Al-Haj: 37)

Allah menganjurkan qurban bukan untuk pengorbanan seperti yang dilakukan orang jaman jahiliyah yang menganggap pengorbanan darah untuk Tuhan mereka, tapi qurban dalam Islam justru pembeda bagi muslim dan kafir, moment untuk menunjukkan bahwa Islam selalu berbagi kebahagiaan.

Qurban online bisa lebih memudahkan karena, ketika kalangan masyarakat muslim di Indonesia banyak sekali kesibukan yang mungkin menyulitkan untuk bisa mendapatkan keutamaan qurban. Libur 1 hari di Idhul Adha tak cukup untuk bisa memilih, membeli, menyembelih, hingga menyalurkan daging qurban. Sehingga meskipun mampu malah tak sempat untuk berqurban. Padahal berkurban dalam Islam adalah salah satu ibadah sunnah muakkad yaitu sunnah yang ditekankan.

Baca juga: 5 Keutamaan Qurban Bagi Umat Islam

Hal inilah yang mendasari Global Qurban untuk mencetuskan qurban online dengan tujuan: memudahkan dan membagikan kepada mereka yang paling membutuhkan. Lembaga yang menentukan daerah-daerah pelaksanaan qurban serta penyaluran yang paling tepat sasaran. Selain itu juga menyediakan hewan qurban terbaik, kambing berbobot lebih dari 25 Kg dan Sapi lebih dari 220 Kg memenuhi syarat hewan Qurban, ini adalah komitmen lembaga (mengajak  untuk berqurban dan berbagi kepada mereka yang membutuhkan)

Baca: kisah-kisah pendistribusian Global Qurban

Akhir kata, melaksanakan qurban adalah anjuran Rasulullah SAW yang tinggi akan keutamaannya. Hukum qurban online dibolehkan, Jika anda bisa melakukan yang terbaik, pilihlah yang paling sempurna dalam keutamaan pelaksanaannya. Namun jika tidak, lebih baik mewakilkan kepada orang lain atau lembaga yang bisa membantu melaksanakan qurban anda, daripada tidak sama sekali.

“Dagingnya maupun darahnya tidak akan sampai kepada Allah, namun yang sampai kepada-Nya adalah takwa kalian.” (QS. Al-Haj: 37)

(aly)

3 thoughts on “Bagaimana Hukum Qurban Online?

  1. Harga Aqiqah Jakarta

    Penerangan yang jelas sekali……boleh saya share penerangan ni di web kami ??

    Reply
  2. Yanzend

    Hari ini tgl 20 Agust 2018, sy mau berkurban OL disini, tapi di pemberitahuannya dikatakan selambat2nya sebelum tanggal 20 Agust, (ada kata SEBELUM) sementara sy buka pc tanggal 20 Agust jadi ga jadi deh, karena telat sehari/

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *