Angin Lesus di Blitar Hantam Belasan Rumah

By | 31/05/2016

angin lesus

Angin Lesus atau angin puting beliung yang berputar kencang dikabarkan menghantam sejumlah kawasan di Blitar, Jawa Timur. Imbasnya belasan rumah warga rusak dihantam kencangnya putaran angin Lesus. Mengutip dari Antara, sedikitnya ada belasan rumah yang mengalami kerusakan akibat terjangan Angin Lesus. Belasan rumah ini masuk dalam wilayah administrasi di tiga desa, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Seorang warga lokal yang menjadi saksi mata dari kuatnya putaran angin Lesus mengisahkan bahwa ketika awalnya hujan turun tidak terlalu deras. Namun seiring dengan langit yang bertambah pekat tiba-tiba hujan bertambah deras dan diikuti oleh tiupan angin yang bertambah kencang. Akhirnya puncaknya putaran angin terlihat bertiup kencang. Warga lokal menyebutnya sebagai angin Lesus atau nama lain dari angin puting beliung.

Kejadian tiupan angin Lesus di Blitar ini pun dibenarkan oleh Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar Ganef Rahmawanto. Kepada media, BPBD Kabupaten Blitar mengatakan sampai hari ini laporan kerusakan rumah akibat tiupan angin Lesus mencapai 12 rumah.

Kemungkinan data kerusakan rumah ini masih akan bertambah mengingat ada tiga desa yang dikabarkan dihantam angin Lesus. Yakni di Desa Ponggok, Kawedusan, dan Desa Pojok. Ketiga desa ini masih termasuk dalam Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

Tak hanya menghantam rumah, kencangnya tiupan angin Lesus di Blitar sampai membuat beberapa pohon besar di sepanjang jalan Kecamatan Ponggok tumbang tak kuat menahan tiupan angin. Bahkan ada kabar sebuah rumah sederhana milik Bibit (45), seorang warga di Desa Pojok rata dengan tanah ditimpa pohon besar yang ambruk.

Sampai dengan hari ini, beberapa jalur aliran listrik di Kecamatan Ponggok masih terputus akibat kabel listrik yang putus tertimpa pohon besar. BPBD Kabupaten Blitar dibantu dengan Koramil setempat dan ratusan warga masih membersihkan sisa-sisa puing tiupan angin Lesus di Blitar.

Seperti yang diketahui, angin Lesus adalah nama lokal dari angin putting beliung. Angin sejenis ini berputar dengan kecepatan yang fantastis. Bisa mencapai lebih dari 60 km/jam. Di daerah Jawa angin putting beliung dikenal oleh warga lokal dengan sebutan angin Lesus atau angin Leysus. Sementara di Sumatera disebut sebagai Angin Bahorok.

Dilihat dari periode kemunculannya, biasanya angin Lesus atau angin putting beliung memang muncul di siang sampai sore hari ketika memasuki musim Pancaroba. (cal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *