Aksi Bantuan untuk Sudan Selatan di Tengah Krisis yang Melanda

By | 28/04/2017

Aksi Cepat Tanggap – Sejak tahun 2011 lalu, Sudan Selatan telah menyatakan jika Negara tersebut telah mengalami kelaparan. Ada jutaan penduduk yang mengalami kelaparan dan dan terancam berbagai macam penyakit yang diakibatkan kurang gizi khususnya untuk anak-anak. Sudan Selatan merupakan Negara yang berada di Afrika Timur, yang mana Negara ini memutuskan untuk melepaskan diri dari Sudan Utara dan berdiri sebagai Negara sendiri. Namun berbagai krisis serta intrik mulai berdatangan dan membuat penduduknya selalu dirundung masa krisis. Perang sipil yang melanda Negara ini sudah menjatuhkan banyak sekali korban jiwa. Dari berbagai isu dan intrik yang pelik tersebut tentu saja mendapatkan banyak perhatian dari berbagai lembaga kemanusiaan yang ingin membantu Negara tersebut dengan memberikan bala bantuan untuk Sudan Selatan. Di Indonesia sendiri, memiliki lembaga sosial yang diberi nama Aksi Cepat Tanggap yang melakukan program untuk mencanangkan donasi yang ditujukan ke berbagai Negara khususnya Negara yang mengalami krisis dan penuh intrik.

Bantuan untuk Sudan Selatan yang dicanangkan ini memiliki harapan besar untuk bisa meringankan beban bagi para penduduk yang kelaparan. Sebenarnya, berbagai fraksi lembaga sosial banyak yang sudah mencanangkan program bantuan, namun hal ini menjadi sia-sia karena sulitnya akses untuk bisa memberikan berbagai bantuan. Akses bantuan yang akan diberikan pada Sudan Selatan ini selalu diputus oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab akibat dari perang sipil yang begitu pelik. Faktor utama yang menjadikan Sudan Selatan mengalami kelaparan adalah karena remuknya ekonomi yang ada akibat dari perang sipil. Perang sipil yang terjadi pada saat ini telah menghancurkan ladang pertanian yang ada, memaksa penduduk sipil untuk mengungsi ke berbagai daerah, memberlakukan harga bahan pokok makanan yang begitu tinggi, dan yang terburuk adalah menghentikan akses bantuan yang di tujukan pada daerah-daerah yang terkena dampak perang sipil paling parah.

Namun, pada tahun ini sudah bisa dipastikan jika bala bantuan bantuan untuk Sudan Selatan bisa masuk ke Sudan Selatan. Hal ini sudah dipastikan sendiri oleh presiden Sudan, Oman Al-Bashir yang berjanji untuk mempermudah akses masuknya bala bantuan ke Sudan Selatan dan memastikan jika bantuan benar-benar sampai pada penduduk Sudan. Adanya kesempatan ini menjadikan banyak lembaga sosial yang tergabung dalam PBB segera mencanangkan berbagai bantuan kemanusiaan untuk penduduk Sudan yang yang di ambang krisis kelaparan terutama para bayi yang tak bisa mendapatkan nutrisi dengan baik.

bantuan untuk sudan selatan

Bantuan untuk Sudan Selatan dari Aksi Cepat Tanggap

Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh Indonesia untuk membantu memberikan bantuan untuk Sudan Selatan itu salah satunya adalah dengan terbentuknya lembaga sosial yang tanggap untuk melakukan berbagai bantuan kemanusian. Salah satu program yang dicanangkan yaitu Program Kapal Kemanusiaan. Program ini menjadi harapan yang besar untuk bisa membantu masyaratak Sudan Selatan dan berbagai Negara lainnya yang mengalami krisis dan kelaparan. Aksi ini merupakan bentuk kepedulian dari masyarakat Indonesia akan krisis yang melanda dan memakan banyak sekali korban jiwa. Jika Anda memiliki jiwa sosial yang tinggi, apakah akan membeiarkan berbagai krisis ini terjadi tanpa berbuat apa-apa? Tentu saja jika melihat kesulitan yang dialami oleh saudara-saudara yang ada di Afrika itu sungguh menyayat hati. Berpartisipasi dalam program kemanusiaan ini setidaknya dapat memberikan bantuan secara nyata yang akan berpengaruh besar bagi yang membutuhkan.

Tujuan dari Aksi Cepat Tanggap

Hal yang menjadi perhatian utama dari berbagai aksi mengumpulkan bantuan untuk Sudan Selatan dan berbagai Negara lainnya meliputi program kemanusiaan, kedermawanan, serta kerelawanan yang sudah cukup rutin dilakukan demi membantu berbagai Negara krisis yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *