Akhirnya Bendera Palestina Berkibar di Markas PBB untuk Pertama Kalinya!

By | 01/10/2015

Bendera Palestina Berkibar di PBB

Pekan ini menjadi momen terbaik bagi segenap masyarakat Palestina. Tak ada kebahagiaan lain yang bisa menggantikan rasa bahagia yang kini sedang mengepul di seantero negeri Palestina. Setelah sekian puluh tahun terlibat dalam konflik berkepanjangan dengan Israel, kini masyarakat Palestina setidaknya dapat sedikit berbangga hati karena akhirnya Palestina diakui sebagai negara yang berdaulat dan lambang negaranya: bendera Palestina diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Sebuah upacara kebesaran yang menyongsong bendera Palestina diselenggarakan pada Rabu (30/9) kemarin di Markas PBB, New York. Upacara itu khusus diagendakan untuk mengibarkan bendera Palestina pertama kalinya dalam sejarah PBB. Dilaporkan oleh CNN Indonesia, dalam upacara itu sontak pejabat Palestina dan barisan pendukung kemerdakaan Palestina sebagai negara muslim yang berdaulat bersorak ketika melihat bendera Palestina berarak naik.

Secara khusus, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menaikkan bendera negaranya dalam upacara resmi beberapa saat setelah Abbas menyampaikan pidato kenegaraannya di depan Majelis Umum PBB.

Banyak pihak pendukung Palestina termasuk Presiden Mahmoud Abbas memandang peristiwa penaikkan bendera Palestina untuk kali pertama di Markas Besar PBB itu sebagai sesuatu yang sangat esensial dan bermakna. Bahkan usai mengibarkan bendera Palestina, Abbas mengatakan bahwa setiap tanggal 30 September akan dijadikan sebagai hari Bendera.

Kemarin sore waktu New York, bendera Palestina berwarna merah, putih, hijau dan hitam akhirnya bisa berdiri gagah di antara kibaran bendera negara lain anggota PBB di taman bunga depan Markas PBB.

Untuk diketahui, sudah sejak lama yakni pada 2012 silam, Majelis Umum PBB menyetujui pengakuan de facto negara Palestina sebagai sebuah negara yang berdaulat dan memiliki batas negara yang tak bisa diganggu gugat. Namun upapa Palestina untuk menjadi anggota PBB terus gagal karena mendapat kecaman serius dari Israel dan sekutunya Amerika.

Terakhir, beberapa waktu lalu sebuah resolusi datang dari Palestina ke meja PBB yang menginginkan bendera negara non anggota PBB tetap akan dikibarkan di markas PBB New York di sebelah bendera negara-negara anggota. Sejak resolusi bendera negara non anggota itu disahkan, kini ada Vatikan dan Palestina sebagai dua bendera non anggota yang sudah berkibar di PBB.

Namun, menurut lansiran CNN, Israel dan AS tetap berada dalam kelompok delapan negara yang memilih menentang draf resolusi bendera Palestina itu. Mereka menganggap bahwa bendera Palestina yang berkibar di PBB tak akan berarti apa-apa terhadap upaya perdamaian antara Palestina dan Israel.

Namun apapun komentar dari Israel dan AS, berkibarnya bendera Palestina di markas PBB New York menjadi sebuah lompatan besar dalam proses Palestina menuju negara yang damai dan jauh dari caplokan dan penindasan Israel.

Semoga saja suatu saat nanti, Palestina betul-betul bisa merdeka dan hidup damai berdampingan dengan zionis Israel.

(CAL)

img : cnn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *