7 Upaya Bijak untuk Penanggulangan Banjir

By | 06/03/2016

bendungan katulampa

Ketika musim hujan datang banyak daerah di Indonesia yang rawan dilanda banjir, karena itulah sebaiknya masyarakat sadar melakukan upaya penanggulangan banjir. Hujan deras berkepanjangan dan meluapnya aliran sungai sehingga menyebabkan bencana banjir yang tidak dapat di hindari, banjir yang merusak lingkungan, merendam rumah dan perabotannya, sampai mengancam kesehatan karena banyaknya penyakit yang dapat menyerang kesehatan.

Penanggulangan banjir harus dilakukan oleh berbagai pihak antara pemerintah dan masyarakat. Mulai dari tata kota dan saluran air yang baik, serta perilaku masyarakat yang bijak terhadap lingkungan. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk menanggulangi banjir antara lain

1. Menjadikan sungai dan selokan berfungsi dengan baik supaya aliran air lancar tidak tersumbat oleh sampah. Upaya pengerukan sungai juga selalu tilakukan karena pendengakalan adalah faktor utama banjir akibat sungai meluap ke permukaan saat hujan deras.

2. Membuat sumur-sumur buatan penyedot air untuk memindahkan air air dengan cepat, khusunya di kota yang minim lahan dan rawan kebanjiran, contohnya di Jakarta.

3. Melakukan reboisasi tanaman khususnya jenis tanaman dan pepohonan yang dapat menyerap air dengan cepat.

4. Mencegah membangun perumahan dan di tepi sungai, karena akan mempersempit sungai dan sampah rumah juga akan masuk sungai.

5. Membangun tanggul di sungai sungi untuk meminimalisir meluapnya air sungai ke jalan dan perumahan.

6. Tidak membuang sampah di sungai dan selokan yang menjadi penyebab utama pendangkalan dan tersumbatnya aliran sungai.

7. Mengelola dengan bijak antara penebangan dan reboisasi hutan, karena pohon berperan penting untuk pencegahan banjir. Sebenarnya menebang pohon tidak dilarang bila kita akan menanam kembali pohon tersebut dan tidak membiarkan hutan menjadi gundul.

Baca juga Cara Ahok Cegah Banjir Jakarta

One thought on “7 Upaya Bijak untuk Penanggulangan Banjir

  1. aanwijzing

    semoga saja cara untuk menanggulangi banjir di atas dapat diterapkan sehinga tidak terjadi banjir lagi, paling tidak akan mengurangi genangannya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *