5 Tips Hadapi Musim Hujan

By | 13/02/2017


Memasuki awal bulan Februari, sejumlah daerah dari pedesaan hingga kota-kota besar di Indonesia umumnya harus menghadapi musim hujan yang cukup menyita perhatian. Bagaiman tidak, kehadiran musim hujan bagi masyarakat Indonesia yang hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan penghujan. Musim hujan yang ditandai dengan meningkatnya curah hujan bagi sejumlah daerah di Indonesia jika tidak di antisipasi dengan baik di khawatirkan akan menimbulkan dampak buruk yang tidak di duga-duga.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, curah hujan dengan intensitas tinggi akan berlanjut sampai dengan Maret 2017. Dengan kondisi curah hujan tinggi dan daerah yang kritis, dikhawatirkan bencana banjir dan wabah penyakit akan mengintai di depan mata.

Nah, untuk mengantisipasi ke khawatiran akan timbulnya ‘bencana’ saat musim hujan, berikut kami rangkun lima tips agar musim hujan Anda dapat terlalui tanpa adanya malapetaka..

1. Jaga kondisi fisik
Fisik yang sehat serta kuat pasti akan terjauhi dari wabah penyakit, apalagi wabah penyakit yang sering mewabah pada saat musim penghujan datang seperti demam berdarah, diare hingga influenza semakin sering dijumpai. Untuk itu, menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur sangat dibutuhkan untuk menghadapi musim hujan.

2. Cek kondisi rumah Anda.
Kondisi rumah yang rusak dan banyak terjadi kebocoran disana sini akan semakin parah ketika musim hujan datang. Belum lagi tampias air hujan pada dinding dalam rumah-rumah akan semakin parah apabila hujan terjadi secara terus menerus. Pengecekan genteng secara berkala juga diperlukan apapun musimnya.

3. Persiapkan perlengkapan musim hujan sebelum berpergian.
Persiapan kendaraan, payung, jas hujan, dan perlengkapan lainnya. Menjaga kualitas perlengkapan untuk menghadapi musim hujan saat disarankan agar musim hujan tidak lagi menjadi penghalang aktivitas.

4. Hindari bermain air hujan apabila tidak terlalu perlu.
Air hujan sekalipun terlihat bersih namun menyimpan berbagai kandungan penyakit apalagi air hujan di daerah dengan tingkat polusi tinggi. Daya tahan tubuh dipastikan dapat dengan mudah menurun apabila terlalu sering bermain hujan.

5. Istirahat yang cukup.
Gunakan waktu luang yang anda miliki untuk beristirahat secukupnya. Saat musim hujan biasanya kita membuang waktu dan energi yang cukup banyak bahkan untuk sekedar berteduh dari hujan ketika sedang di perjalanan. Istirahat yang cukup membuat anda memiliki daya tahan tubuh yang stabil dan juga dilakukan bersamaan dengan menjaga pola makan.

Semoga sedikit tips dari kami dapat sedikit menghangatkan musim hujan Anda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *