Cegah Demam Berdarah: Ketahui 3 Penyebab Mengapa Nyamuk Selalu Menggigit Anda

By | 24/02/2016

Fun mosquito

Bulan Februari sampai dengan Maret 2015 akan menjadi puncak dari musim hujan di seluruh wilayah Indonesia. Sehabis hujan turun, bisa dipastikan akan ada banyak sekali nyamuk yang berkeliaran di dalam rumah. Ada sebagian orang yang merasa tak terlalu terganggu dengan kehadiran banyaknya nyamuk selepas hujan, namun ada pula yang selalu merasa resah bahkan melakukan apapun untuk memastikan nyamuk-nyamuk itu mati dan tidak menggigiti dirinya lagi.

Pertanyaannya adalah, mengapa ada orang yang jarang digigit nyamuk, sedangkan ada pula orang-orang selalu digigit nyamuk. Ternyata ada penjelasan ilmiah dari tindakan si nyamuk yang suka pilih-pilih “target” gigitannya ini.

Berikut adalah 3 penyebab mengapa nyamuk selalu mengigit tubuh Anda

1. Nyamuk memilih “targetnya” juga dengan membedakan golongan darah
Sudah pernah dibuktikan oleh penelitian ilmiah yang terbit dari Journal of Medical Etnomology yang menemukan fakta bahwa kebanyakan nyamuk lebih tertarik dengan orang-orang yang bergolongan darah O.

Riset tersebut menyimpulkan bahwa ada sebanyak 83 persen nyamuk di seluruh dunia yang lebih tertarik dengan orang-orang yang bergolongan darah O. Setelah menyukai orang bergolongan darah O, selanjutnya nyamuk menyukai orang-orang bergolongan darah A, selanjutnya baru orang yang bergolongan darah B. Satu hal yang patut diwaspadai, penelitian ini menggunakan contoh nyamuk Aedes Aegypti atau nyamuk demam berdarah untuk mengatahui kepekaan nyamuk terhadap golongan darah.

2. Kandungan lemak dalam kulit pun mempengaruhi rasa tertarik nyamuk terhadap manusia
Selain golongan darah, ada riset juga yang membuktikan bahwa nyamuk pun menyukai orang dengan konsentrasi steroid atau kolesterol pada permukaan kulitnya. Riset ini dilansir dari WebMD, atas nama Jerry Butler, seorang profesor di University of Florida. Namun bukan berarti orang yang dikerubungi nyamuk punya masalah serius pada kolestrolnya. Sebab butuh banyak tindakan medis untuk membutikan bahwa kandungan kolesterol yang berbahaya di dalam tubuh.

3. Nyamuk juga tertarik terhadap aroma asam pada kulit
Ada pula riset lain yang dirilis oleh John Edman dari Entomological Society of America yang membutikan bahwa ada banyak kasus yang tertarik dengan kandungan asam dalam tubuh seseorang. Beberapa jenis asam yang dapat membuat nyamuk tertarik adalah kandungan asam urat dan asam laktat. Bahkan John Edman juga mengatakan bahwa radar penciuman dari nyamuk dapat mendeteksi aroma asam tertentu yang dihasilkan oleh manusia bahkan dalam radius jarak 50 meter. (cal)

One thought on “Cegah Demam Berdarah: Ketahui 3 Penyebab Mengapa Nyamuk Selalu Menggigit Anda

  1. Kelambu nyamuk

    ayo tidur pakai kelambu sehingga aman dari gigitan nyamuk

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *